Gubernur Jambi Apresiasi Peran Serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI provinsi Jambi dalam Memajukan UMKM

 

Lidikjambi.net - Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi peran serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI provinsi Jambi dalam memajukan UMKM. Khususnya, dalam hal mendorong masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri.

Hal ini dikatakannya saat menutup kegiatan GBBI Provinsi Jambi tahun 2022 dalam acara Harvesting atau acara puncak dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) secara perdana tingkat nasional di Provinsi Jambi, di Abadi Convention Center (ACC), Kamis (14/4/2022) sore.

Al Haris juga menyampaikan selamat kepada seluruh UMKM Champion yang telah terpilih, sembari berharap dukungan kepada produk lokal dapat digalakkan.

Al Haris menyampaikan bahwa Hervesting ini dapat menjadi ajang evaluasi terhadap keberadaan produk lokal hasil produksi UMKM. “Manfaatkan berbagai layanan digital untuk peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan,” ujar Al Haris.

“Atas nama pemerintah Provinsi Jambi, Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian koordinator kemaritiman dan investasi dan kementerian perhubungan Republik Indonesia atas penyelenggaraan gerakan nasional bangga buatan Indonesia provinsi Jambi tahun 2022.”

“Apalagi Provinsi Jambi merupakan tuan rumah pertama tahun 2022 yang tentunya merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi Provinsi Jambi. Pemerintah provinsi Jambi sangat mendukung dan turut berkontribusi menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan perekonomian daerah dan peningkatan potensi daerah, tentu kontribusi terhadap perekonomian nasional Indonesia,” jelas Al Haris.

Ke depan, tambah Gubernur Jambi, sinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota se-provinsi Jambi, BI, instansi terkait, pelaku UMKM, perajin dan semua pemangku kepentingan akan terus ditingkatkan. Baik dalam peningkatan kualitas produk, kemasan, promosi dan pemasaran.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah pembinaan kepada para pelaku UMKM, bagi para produsen maupun pedagangnya agar memiliki pemahaman dan wawasan yang baik dalam produksi dan lainnya.

“Mari kita jadikan gerakan nasional bangga buatan Indonesia ini bukan hanya gerakan sesaat, tetapi juga benar-benar menjadi gerakan yang bersinambungan, berkelanjutan dan menopang perekonomian daerah dan nasional, karena UMKM merupakan salah satu tonggak penting dalam perkembangan baik perekonomian daerah maupun nasional.”

“Untuk itu kami berharap kepada pemerintah pusat melalui kementerian dan instansi terkait senantiasa membantu provinsi Jambi dalam mengembangkan produk-produk Provinsi Jambi,” harap Gubernur Jambi.

Gernas BBI dan BWI memiliki tujuan utama untuk mendorong produk lokal untuk kembali menguasai pasar domestik untuk kemudian masuk kedalam pasar internasional. Gernas yang dimulai dari Provinsi Jambi, telah diluncurkan sejak tanggal 19 Januari 2022 lalu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution, menyampaikan bahwa berbagai kegiatan dilakukan selama periode rangkaian tersebut seperti pameran UMKM di Jambi Town Square, pameran UMKM di Car Free Day, Webinar Kerwirausahaan dan kelas pelatihan UMKM Go Digital.

Bahkan terdapat keberhasilan dalam mendorong salah satu UMKM binaan kami menuju UMKM ekspor dengan nilai transaksi miliaran rupiah.

“Kami berharap seluruh pihak dapat memberikan semangat yang sama dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM guna meningkatkan perekonomian daerah,” jelas Suti Masniari Nasution.

Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Sartin Hia menyampaikan adanya GBBI ini diharapkan dapat menjadi titik kebangkitan kembali kejayaan UMKM di Indonesia terutama setelah menghadapi terpaan pandemi Covid 19 selama 2 tahun terakhir ini.

“Bangga untuk kembali bangkit memajukan produksi lokal, terus berkolaborasi dan meningkatkan kontribusi, sehingga pada akhirnya dapat menerbitkan usaha lokal berdaya saing tingkat internasional,” ujar Sartin Hia.

Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi, selaku movement manager dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Gernas di Provinsi Jambi dinilai berhasil dengan sangat baik. Hal tersebut terbukti pada nilai total penjualan selama kegiatan mencapai Rp12 miliar, jauh melampaui target yang ditetapkan sebelumnya.

5 UMKM Champion yang memiliki kontribusi cukup besar pada Gernas BBI Jambi 2022, yaitu Cik Mia Songket, Rumah Madu Hutan Jambi, Rempeyek Ilham, Pempek Balap Maya Puspita dan Beraso Coffee.

“Semoga UMKM Jambi lainnya juga terus terpacu untuk terus berkarya dan menjadi tulang punggung perekonomian daerah, khususnya di Provinsi Jambi,” harapnya.

Oleh karena itu, Budi kembali menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada sleuruh pihak yang terlibat sehingga GBBI terlaksana dengan sukses. ( Red/Adv )

 

Belum ada Komentar untuk "Gubernur Jambi Apresiasi Peran Serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI provinsi Jambi dalam Memajukan UMKM"

Posting Komentar

Berita Terbaru

Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Pasang Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pasang Iklan Here