DPRD Kota Jambi Gelar Paripurna LKPJ Walikota Jambi Tahun 2020

DPRD Kota Jambi, menggelar rapat paripurna beragendakan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Jambi tahun 2020, Senin (5/4) kemarin.

Dalam hal ini, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana berkesempatan menyampaikan LKPJ tahun 2020 tersebut. Rapat paripurna ini, dipimpin Ketua DPRD Putra Absor Hasibuan, didampingi Pangeran HK Simanjuntak, RR Nully Kurniasih Kawuri, M Fauzi selaku Wakil Ketua DPRD dan Sekwan Nella Ervina.

Dalam penyampainannya, Maulana menyebutkan LKPJ ini merupakan  amanat dari Permendagri No 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Permen No 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah sebagai bagian dalam emncptakan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab dengan mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

“Selain itu, LKP adalah suatu kewajiban kepala daerah dalam memberikan informasi emngenai penyelenggaraan pemerintahan di daerah selama 1 tahun anggaran yang tetntunya akan menjadi media evaluasi bagi kita semua,” sebutnya.

Lanjutnya, adapun subtansi dari LKPJ ini mencakup beberapa hal. Seperti kebijakan pemerintah daerah, kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, dan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Berbagai upayad dan strattegi telah ditempuh Pemkot Jambi sepanjang tahun 2020, termasuk di masa pandemi Covid-19. Di atnranya adalah mengurangi  dan merasionalisasi belanja daerah pada kegiatan yang tidak efektif,” terangnya.

Beberapa langka dan kebijakan pun diambil selama tahun 2020. Seperti merefocusing APBD tahun 2020 sebesar Rp 58,21 miliar, kebijakan stimulus bagi dunia usaha dan masyarkat, dan kebijakan ekonomi sosial kemasyarakatan,” bebernya.

Sejalan dengan itu, pihaknya terus berupaya memperkuat sektor-sektor perekonomian dan jasa yang terdampak pandemi untuk menjaga dan memulihkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pertumbuhan ekonomi, kinerja pengelolaan ekonomi daerah juga ditunjukkan dengan perkemabgnan inflasi daerah. Inflasi Kota Jambi tercatat sebesar 3,09 persen tahun 2020,” pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk "DPRD Kota Jambi Gelar Paripurna LKPJ Walikota Jambi Tahun 2020"

Posting Komentar

Berita Terbaru

Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Pasang Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pasang Iklan Here