Sudirman : 40 Persen APBD Provinsi Jambi untuk Belanja Produk Dalam Negeri


Berdasarkan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Katalog Elektronik disebutkan bahwa, E-katalog adalah sistem informasi elektronik yang memuat informasi berupa daftar, jenis, spesifikasi teknis, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), produk dalam negeri, produk Standar Nasional Indonesia (SNI), produk industri hijau, negara asal, harga dan informasi lainnya dari berbagai penyedia barang jasa.

E-katalog terdiri atas katalog elektronik nasional, katalog elektronik sektoral dan katalog elektronik lokal. E-katalog meliputi barang, pekerjaan konstruksi atau jasa lainnya.

 Sebanyak 40 persen alokasi belanja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk belajar produk dalam negeri, termasuk belanja UMKM dan koperasi. Berdasarkan tindaklanjut LKPP harus melalui mekanisme E-Katalog. Sehingga produk lokal terakomodir. Jika memakai tender seringkali produk lokal tak dapat ruang. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman. Setelah menghadiri Bimtek Implementasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah melalui E-Katalog Lokal untuk Etalase Konstruksi.

Sudirman juga menyatakan bahwa melalui E-katalog produk lokal mampu bersaing dan terakomodir. Serta kontruksi pengadaan barang dan jasa. Dengan adanya E-katalog mampu memudahkan para pelaku pengusaha.

“Kami harap melalui mekanisme para pengelola barang dan jasa memberikan ruang seluas-luasnya pengusaha muda dan UMKM mampu memasukkan produk nya ke E-katalog, sehingga perputaran uang nyata dalam negeri arahan Presiden itu nyata mampu terealisasi”, ujarnya pada Jumat (17/3) di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi.

Menurutnya, dengan adanya pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui E-katalog. Mampu merealisasikan arahan dari Presiden.

“Selama ini APBD dan APBN yang nilainya triliun merupakan barang dan jasa dari luar negeri. Untuk itu dengan adanya E katalog mampu membuat optimalkan produk lokal”, tutupnya.

 

Belum ada Komentar untuk "Sudirman : 40 Persen APBD Provinsi Jambi untuk Belanja Produk Dalam Negeri"

Posting Komentar

Berita Terbaru

Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Pasang Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pasang Iklan Here